Rabu, 03 Oktober 2012


ZAKAT, INFAK DAN SHODAQOH
Masalah zakat, infak dan shodaqoh adalah masalah yanvg penting dibahas sebab zakat adalah salah satu rukun Islam yang waqjib dijalankan oleh orang yang sudah mengaku Islam. Dan jika tidak dilaksanakan maka Islam dan Iman kita tidak sempurna.
Disamping itu sekarang kita sedang menggiatkan BAZ yang merupakan program Umat Islam untuk meningkatkan kesejahteraan umat Islam.
Dalam Al Qur’an banyak sekalai ayat-ayat yang memerintahkan zakat. Bahkan karena pentingnya zakat ini perintah sholat dalam al Qur’an selalu diikuti perintah zakat.
Ayat khusus untuk menarik zakat adalah Q.S.
....Á¸MB³fu Á¸»AÌ¿A Å¿ ha
Artinya : Ambillah shodaqoh …..
Kita juga diingatkan oleh Alloh tentang bahayanya ketika kita melalaikan zakat.Q.S. Ali Imrom: 180 menyebutkan:
 ÁÈ»jq ÌÇ ½I Á¸» AjÎa ÌÇ É¼y² Å¿ "A ÁÇBMA BÀI Æ̼bJÍ ÅÍh»A ÅJnZÍ ÜË
É¿Bδ»A ÂÌÍ ÉI̼bI B¿ Æ̳Ì^Îm
Artinya: “ Janganlah sekali-kali orang yang bakhil dengan harta yang Alloh berikan kepadanya dari karuniNya menyangka bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak dilehernya di hari kiamat”. (Q.S. Ali Imron: 180)
Rosululloh SAW juga bersabda:
Ò³fv»BI Á¸yAj¿ AËËAeË ÑB·l»BI Á¸»AÌ¿A AÌÄnYA
Artinya : “ Jagalah hartamu dengan zakat dan obatilah penyakitmu dengan sodaqoh”
 Pengertian zakat swcara bahasa artinya bersih atau suci. Maksudnya dengan  zakat bisa membersihkan harta kita yang kotor, subhat uang mungkin kita tidaak tahu sumber dari harta tersebut. Setelah harta kita beersih maka kita akan terasa nyaman dalam menggunakannya dan akan bertambah keberkahan hartanya. Ibarat makanan, bila makanan itu tidak bersih maka makanan itu tidak enak bahkan akan menyebabkan penyakit.
Sedangkan zakat menurut istilah adalah sejumlah harta tertentu (nisob) yang wajib dikeluarkan sebagian untuk diberikan kepada yang berhak menerimanya dengan beberapa syarat tertentu.
Adapun nisob dari masing-masing harta menurut jumhur adalah sebagai berikut:
Nama Barang
Nisobnya
Zakatnya
1.      Emas
2.      Perniagaan
3.      Pertanian
4.      Barang Temuan
5.      Profesi
93, 6 gram
Standar Emas
750 kg
Tidak ada nisob
Standar emas
2,5 %
2,5 %
10 % atau 5 %
20 %
2,5 %
Pelaksanaan syariat zakat pada masa khalifah Abu Bakar sangat keras. Pada saat itu ada sekelompok orang Islam yang menolak membayar zakat. Maka dengan komitmen untuk meluruskan ajaran Islam dengan dilandasi kearifan dan ketegasan, khalifah dapat menyelesaikan masalah tersebut.
Pada masa kholifah Umar bin Khotob RA zakat menjadi sektor penting un tuk meningkatkan kesejahteraan kaum muslimin sekaligus dapat menjadi sarana  yg strategis.
Infak
Infak adalah mengeluarkan sebagian harta yang dimiliki untuk mengharap ridlo Alloh dan tambahan barokah dari harta yang dimiliki tanpa persyaratan tertentu.
Firman Alloh Q.S. Albaqoroh: 261
ã@sW¨B tûïÏ%©!$# tbqà)ÏÿZムóOßgs9ºuqøBr& Îû È@Î6y «!$# È@sVyJx. >p¬6ym ôMtFu;/Rr& yìö7y Ÿ@Î/$uZy Îû Èe@ä. 7's#ç7/Yß èps($ÏiB 7p¬6ym 3 ª!$#ur ß#Ï軟Òム`yJÏ9 âä!$t±o 3 ª!$#ur ììźur íOŠÎ=tæ ÇËÏÊÈ  
Artinya : “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha mengetahui.
Dari ayat diatas jelas bagi kita orang yang mengaku beriman kepada Alloh bahwa bila kita membelanjakan harta kita dijalan Alloh maka harta kita tidak akan berkurang justru akan dilipatgandakan. Disamping itu kedermawanan akan membuat kita semakin dekat dengan Alloh, dekat dengan rahmat Alloh dan jauh dari neraka. Sebaliknya jika kita kikir akan jauh dari Alloh, jauh dari rohmat Alloh dan dekat dengan neraka.
Nabi Muhammad SAW bersabda:
"A Å¿ fΨI ½ÎZJ»AË ,ÉIAh§ fΨI ,ÉÀYj»A Å¿ KÍj³ "A Å¿ KÍj³ ÏZn»A ,ϼ§ BÍ
ÉIAf§ Å¿ KÍj³ L ÉÀYi Å¿ fΨI
Begitulah derajat bagi orang yang dermawan dan ancamannya bagi orang bakhil.
Rosulullloh juga mengingatkan pentingnya keermawanan bagi tegaknya hidup kemasyarakatan. Nabi bersabda:
S»BR»AË ,ÕAj¿ÜA ¾f¨I ÏÃBR»AË ,ÕBÀ¼¨»A Á¼¨I BÈ»ËA ,ÕBÎqA Ò¨IiBI BÎÃf»A ÂA̳A
Æ̼ÇBV»A ¹¼È» ÕBÀ¼¨»A Á¼§ ÜÌ»Ë .ÕAj´°»A Ņ̃fI ©IAj»AË ,ÕBÎÄ«ÜA ÑËBbnI
ÕBÎÄ«ÜA ¹¼È» ÕAj´°»A ÕB§e ÜÌ»Ë ,ÕAj´°»A ¹¼È» ÕBÎÄ«ÜA ÑËBbm ÜÌ»Ë
Artinya: “ Tentramnya dunia dengan empat perkara. Pertama adalah dengan ilmunya para ulama, kkedua dengan adilnya para pemimpin, ketiga dengan kedermawanan para orang kaya dan keempat dengan doanya para fakir miskin. Kalau tidak dengan ilmunya para ulama maka kan rusaklah kebodohan, kalau orang kaya tidak dermawan maka akan rusak para fakir miskin dan jika para fakir tidak mendoakan maka rusaklah para hartawan”.
Jadi keempat pilar tegaknya dunia tersebut harus berjalan seiring. Terutama dalam menjalankan syariat zakat ini harus tidak meninggalkan pertimbangan para ulama, tidak boleh semau sendiri. Nabi bersabda:
.PBμI TÝRI Ï»B¨M "A ÁÈμNJί ,ÕBÈ´°»AË ÕBÀ¼¨»A Å¿ ÆËj°Í ÏN¿A ϼ§ Å¿k ÏMDÎm
BÀ»B£ BÃB^¼m ÁÈμ§ Ï»B¨M "A ¡¼nÍ  ÒÎÃBR»AË .ÁÈJn· Å¿ Ò·jJ»A ©¯jÍ BÈ»ËA
ÆBÀÍA jάI BÎÃf»A Å¿ ÆÌUjZÍ ÒR»BR»AË
Artinya: “ Akan datang suatu zaman pada umatku, mereka meninggalkan ulama, maka Alloh akan menguji/menyiksaa mereka dengan tiga cobaan. Pertama diangkat barokah dari pekerjaannya, kedua Alloh akan memberikan kepada mereka pemimpin yang dzolim dan ketiga akan meninggal dunia dalam keadaan tidak beriman”.
Mudah-mudahan bermanfaat.

[166] Pengertian menafkahkan harta di jalan Allah meliputi belanja untuk kepentingan jihad, pembangunan perguruan, rumah sakit, usaha penyelidikan ilmiah dan lain-lain.



1 komentar:

  1. PGA Tour Tour Tournaments - TheKingofDealer
    PGA TOUR Tournaments - 카지노 사이트 PGA Tour Tournaments | Events | Dates | Results | Location. PGA TOUR Tournaments. PGA TOUR Tournaments. PGA TOUR Tournaments. PGA TOUR Tournaments. PGA TOUR Tournaments kirill-kondrashin

    BalasHapus